3 Akibat Kelebihan Kolesterol

3 Akibat Kelebihan Kolesterol

Kolesterol adalah zat lunak menyerupai lemak yang merupakan hasil metabolisme tubuh. Setiap orang menghasilkan kolesterol untuk menunjang fungsi tubuh. Kolesterol bagaikan pisau bermata dua, Satu sisi bermanfaat positif, sisi yang lain berefek negatif. Dalam Kadar normal, kolesterol mempunyai fungsi untuk membangun energi, penyussun membran sel tubuh, membentuk hormon steroid dan asam empedu. namun bila kadarnya berlebihan maka orang harus waspada karena kolesterol berefek buruk terhadap kesehatan. jumlah kolesterol dalam darah yang melebihi kadar normal disebut hiperkolesterolemia

Istilah yang sering dibicarakan masyarakat sehubungan dengan kolesterol adalah total kolesterol. Total Kolesterol merupakan gabungan antara HDL dan LDL yang memberikan gambaran apakah didalam pembuluh darah telah terjadi tumpukan endapan yang menghalangi aliran darah. Semakin besar angka total kolesterol, semakin tinggi kadar endapannya dan semakin tinggi pula resikonya. Bila endapan kolesterol dalam pembuluh darahtidak dikikis maka akan dapat mengakibatkan munculnya penyakit tekanan darah tinggi serangan jantung maupun stroke.

jumlah penderita kolesterol di Indonesia terus mengalami pengingkatan secara signifikan. Angka kejadian terbesar didominasi golongan orang kaya baru(OKB). Mereka yang terlahir dalam kondisi mapan ekonomi sejak kecil biasanya justru lebih peduli terhadap kesehatan. Mereka justru lebih memilih-milih jenis makanan yang akan dikonsumsi.

Akibat Kelebihan Kolesterol dalam tubuh seseorang dapat diketahui dengan melakukan pengecekan setiap tahunnya. kadar kolesterol dalam tubuh sangat penting untuk diketahui mengingat kadar kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan penyakit lanjutan. tingginya kadar kolesterol turut menyumbang untuk terjadinya penyakit berat seperti

  1. Tekanan Darah Tinggi. Tekanan darah seseorang disebut tinggi bila melebihi ukuran normal sesuai umurnya. Pada usia muda rata-rata tekanan darah yang normal adalah 120/80 mmHg. pada orang tua, tekanan darah bervariasi. tekanan darah yang normal bagi mereka yang berusia 40 tahun ke atas tidak harus 120/80 mmHg, lebih dari itupun masih normal disebabkan pada usia tua telah terjadi disfungsi organ, timbunan kolesterol, malas berolahraga dan berbagai faktor lainnya.
  2. Jantung Koroner adalah sebuah pembuluh kecil pada jantung. Jadi penyakit jantung koroner adalah penyakit yang menyerang pembuluh darah koroner pada jantung. Penyakit ini dapat disebabkan oleh kolesterol yang menumpuk dalam pembuluh darah ini dan menyebabkan aliran darah menjadi terhambat. Bila aliran darah tidak lancar maka pasokan darah keseluruh tubuh akan terganggu.
  3. Stroke merupakan penyakit yang ditandai dengan tidak berfungsinya salah satu anggota gerak, seluruh anggota gerakdan alat bicara. Stroke hampir selalu didahului dengan hipertensi menahun (kronis) atau hipertensi mendadak(akut). Salah satu pencetus terjadinya tekanan darah tinggi adalah tingginya kadar kolesterol yang kemudian menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kolesterol diatas terkadang tidak kita ketahui dan langsung kita rasakan, tetapi apabila sudah terjangkit sangat susah untuk kembali ke keadaan semula. sekian dulu ya untuk artikel kali ini, untuk artikel berikutnya penulis akan menjelaskan tanaman obat yang dapat menurunkan kolesterol yang pelangsing tubuh :).

kategori: