7 Tips Keamanan Dari Hacker Internasional

7 Tips Keamanan Dari Hacker

Akun anda Sangat mudah DiHacked. Bisa Email, Social Media dan berbagai akun digital lainnya.

Ikuti saran ini, dan Anda akan berselancar online jauh lebih aman.

1. Matikan Wi-Fi ponsel dan Bluetooth. Ini salah satu celah yang disenangi Hacker. Jika fitur ini terus "ON" sepanjang waktu akan memudahkan sang hacker untuk meretasnya.

Hacker dapat melihat jaringan apa saja yang telah Anda hubungkan sebelumnya, setelah mereka melakukan trik ke telepon kita maka akan terhubung ke perangkat Wi-Fi dan Bluetooth yang bawa.

Setelah terhubung, hacker dapat membombardir perangkat kita dengan malware, mencuri data atau memata-matai. bahkan tidak akan menyadarinya.

2. Gunakan dua langkah otentikasi login.

Saat ini, satu password tidak cukup. Mereka bisa diketahui sepanjang waktu.

Banyak email dan layanan media sosial yang menawarkan tambahan perlindungan: dua langkah otentikasi - . otentikasi yang kedua biasanya melalui no hape anda

Ini adalah cara yang efektif untuk mencegah hacker. Bahkan jika password Anda telah didapat, hacker masih akan membutuhkan ponsel Anda untuk melakukan otentikasi -

3. Buat Kata Sandi / Password yang unik. Untuk beberapa situs yang penting seperti email dan akun internet banking, pilih dengan informasi Anda yang paling sensitif, membuat beberapa passphrase panjang dan unik, seperti 4kooh4nak4l4y :).

Untuk akun yang lain? Gunakan password manager. Program jenis ini menyimpan semua password Anda secara online, sehingga Anda dapat mempunyai perbedaan pada masing masing akun dan sanagat mudah mengingatnya.

Tapi hanya gunakan password manager yang mengenkripsi  password pada perangkat Anda. LastPass dan Password Safe password manager yang saya rekomendasikan.

(Mengapa tidak menggunakan password manager untuk segalanya? jika Satu password master diketahui, maka akan membuka semuanya. Gaswat kalo sampe ini kejadian.)

Mengubah semua password Anda lebih dari sekali dalam setahun.

  4. Gunakan HTTPS pada setiap situs. Instal HTTPS Everywhere alat yang dikembangkan oleh pro-privasi Electronic Frontier Foundation. Ini mengenkripsi semua informasi browser Anda mengirimkan antara komputer Anda dan situs web.

Jika Anda hanya melihat HTTP di address bar, siapa pun bisa memata-matai sesi Internet Anda.

5. Setting WI-FI rumah anda dengan benar. 

Lakukan dua langkah  penting.

Pertama, mengatur password. Jangan memakai password default.

Selanjutnya, mesin akan meminta jenis standar enkripsi keamanan yang Anda inginkan. Pilih WPA-2.
Banyak mesin default WEP (Wired Equivalent Privacy) atau WPA (Wireless Protected Access). Hindari setingan ini. Sebuah kebocoran  Wi-Fi ini dapat memberikan password Anda dalam hitungan detik.

6. Jangan Setting Wi-Fi "Hide the SSID?" di rumah anda. Router rumah Anda bertanya: "Hide the SSID?" Jika Anda menjawab ya, maka perangkat Anda dipaksa untuk "secara aktif untuk mencari"  jaringan wi-fi di rumah Anda..Connect sih. Tapi sebagai hasilnya, perangkat Anda "aktif mencari" untuk jaringan sepanjang waktu.

Laptop dan ponsel lebih rentan terhadap koneksi ke Wi-Fi pada jaringan yang tidak aman.

7. Berpikir dua kali sebelum membeli perangkat yang tersambung ke Internet.

Apakah Anda benar-benar membutuhkan fitur internet pada lemari es atau oven?

Banyak Perusahaan teknologi yang terburu-buru untuk memasang internet pada segala sesuatu yang mereka jual. Fitur keren prioritas paling utama , tapi untuk Privasi dan keamanan tidak mereka jamin.

Sebagai contoh kasus , seorang hacker membajak CCTV untuk bayi tahun lalu.

"Anda mungkin akan diberitahu Bahwa Alat alat tersebut aman, padahal mereka sangat rentan," kata Stanislav,  seorang hacker perangkat untuk penelitian.