9 Elemen SEO On-page yang anda perlukan di 2015

9 Elemen SEO On-page yang anda perlukan di 2015

Dengan Banyaknya perubahan di dunia SEO beberapa tahun belakangan ini, sangat susah untuk yang tidak mengikuti atau bukan professional di bidang SEO agar tetap di jalur yang tepat. Sayangnya ketika google merubah algoritma yang sebelumnya dengan Hummingbird, Tetapi ada standar mereka yang tetap dan tidak diubah yaitu mereka menginginkan kita untuk menghasilkan konten yang terbaik dan pengalaman ang terbaik untuk user. Jadi harus Gimana dong ditahun 2014 ini ? apakah factor on-page masih bisa digunakan untuk pembaca dan search pencari ?

1. Seringnya Mengupdate Blog dengan Konten yang berkualitas

Beberapa tahun belakangan ini, Blog tidak lagi dijadikan saran untuk perusahaan untuk mempublikasikan konten mereka, membangaun brand, meningkatkan audien dan membangun otoritas, dan Sekarang mereka amat sangat memerlukannya. Pada web yang saya bangun terjadi rata rata peningkatan dalam pencarian organic google sejak mempublish content dengan gambar menawarkan lebih kepada user.

2. Integrasikan Google Authorship

Google Authorship adalah cara google memverifikasi author atau penulis suatu konten, keakuratan content dan membangun “rasa”  seberapa pakar dan otoritas seseorang  yang harus diberikan penghargaan kepada setiap individu . Rangking Author adalah konsep dalam hal ini diberikan oleh google untuk kredibilitas kepada author berdasarkan histori konten yang sudah dipublikasikan

3.  MengOptimasi URL

Sepertinya akan tetap seperti URL yang kaya keyword dan kayaknya belum ada perubaha dalam waktu yang dekat ini

Untuk latihan dalam URLs Bisa Mencoba kombinasi dibawah ini

  • Panjangnya Dibawah 100 karakter
  • Kata dipisahkan dengan hyphens(-) or dashes( _ )
  • URLs Sebaiknya tidak lebih dari 3 Subdirektori
  • Sebaiknya Keyword dimasukkan  kedalam URLs
  • Untuk onlineshop atau website E-commerce sebaiknya  menyebutkan nama produk atau brandnya dan jangan mengganti nama produk dengan no seri atau angka

4. Title Tags

Tittle tag sangat konsisten dalam factor SEo On-page ditahun 2014 ini. Tittle tag harus “be clickable text” atau dapat diklik , membuatnya  teroptimasi dengan baik sangat penting  untuk SEO blog anda kedepan. Ketika memilih Tittle Tag coba masukkan keyword anda secara natural dan strategis. Biasanya sihyang paling sederhana masukkan nama web atau url yang mengadung keyword sebagai bagian dari Tittle tag. Untuk halaman internal, masukkan tittle tag diakhir ini membantu web atau blog anda. Tittle tag idealnya kurang dari 65 karakter .

5.Heading Tags (H1)

Heading tags adalah salah satu factor kunci yang digunakan google untuk menguraikan tentang apakah content anda. Jika Anda telah mengetahui bagaimana cara membuat heading yang sebaigaimana mestinya untuk meningkatkan pengalaman pada pembaca, sama dengan prinsipnya dengan yang di sukai oleh ‘search engine’ atau mesin pencari.

Setiap halaman sebaiknya mempunyai satu dan Cuma satu aja ya H1 tag. H1 tag anda mengindikasikan topic utama halaman andadan sebaiknya menjadi elemen pertama di halaman anda. Bahkan, H1 tag seringnya otomatis menjadi title tag anda, tetapi tetap tergantug pada CMS apa yang anda gunakan dan Settingan plugin SEO yang anda gunakan.

Dapat menginformasikan kepada pembaca mengenai content kita, seberapapun panjangnya dengan menggunakan Header tag yang relevan pembaca secara cepat dapan menScan content anda dan dapat membantu google untuk memahami perkembangan dari konten anda

Gunakan keyword anda di Header tag (H2, H3 dst) sama baiknya dengan H1 tag ketika itu terlihat natural dan sesuai logika, Jangan Dipaksa nanti malah terlihat aneh dan tidak natural

6. Alt Image Tags

Tag gambar masih sangat penting untuk SEO; tidak hanya menambah kekuatan untuk relevansi antara teks konten di halaman, juga dapat menambah kemngkinan dalam pencarian Google Image, Memang Sih ini cara paling ‘Primitif’ hehehe J, tapi imers juga harus hati hati dalam meLabeli image.

Bagusnya sih menggunakan keyword pada konten kita, ketika menemukan image yang kita gunakan tidak relevan lagi dengan keyword yang kita gunakan mungin ini waktunya kita menggangti image dengan yang lebih relevan. Dan pastikan Image tags yang kita gunakan dapat dengan jelas mendesripsikan  kepada pembaca subjek dari image tersebut.

7. Keywords didalam Content

Nah yang ini juga factor yang bakalan beum berubah dalam beberapa waktu kedepan. Penggabungan Keyword yang tepat dapat memberikan hasil yang natural dari copywriting yang baik, tetapi tetap latihan yang terbaik dan menjaga penggunakan keyword yang baik.

Keyword sebaiknya digunakan di seluruh content, variasi dari keyword  juga sangat penting atau di kenal juga Long Tail Keyword.

8. Konten yang spesifik

Saya beranggagapan bahwa google mempersiapkan agar content tahan lebih lama, konten yang berisi atau lebih di kenal konten ‘long term’. Konten sebaiknya bisa lebih dari 400 kata dan di optimasi dengan satu atau 2 keyword  dan google sangat menghargai itu.

Jika Situs anda tidak teranking dengan baik dan dibuat dengan konten-kontent dengan artikel yang pendek, mungkin sekarang waktunya untuk merubah konten content tersebut, cek satu persatu dan pastikan konten kta tertulis dengan baik dan kalo bisa sih untuk seterusnya minimal 1000 kata. Jika ingin lebih kuat lagi tulis minimal 1500 kata  huffff L ( berat euy)

9. Membuat Topik konten Tertarget

Dimana kita berfokus pada praktek SEO didasarkan ‘keywords’ , yap dari situ saja kita sudah satu tujuan J dan satu topic atau ‘topical targeting’, dan secara cepat langsung terfokus pada konten dalam satu atau dua keywords, kita sebaiknya menyusun setiap halaman kita mempunya itopic atau tema tertentu.

Ini berarti Halaman kita akan teroptimasi dengan beberapa dan keyword yang relevan. Meskipun ini sering menjadi latihan dalam industry SEO, tetapi yang satu ini sering terlupakan dalam menargetkan satu atau dua keyword yang spesifik. Membuat konten diseputar ‘keyword’ yang kita incar akan memberikan pembaca lebih banyak pengetahuan, memberikan inbound links dan dapat membantu menaikkan “share content” .

Kesimpulannya

Secara keseluruhan elemen penting dalam SEO tidak banyak berubah dalam tahun tahun ini, dan simbah Google pun tetap mengingatkan hal yang sama sepanjang tahun ini ” to provide the most valuable and relevant content to the people who are searching for it.”  Yang artinya untuk menghasilkan konten yang berharga  dan relevan dengan yang orang orang cari. Kayaknya :)

Artikel berikutnya kita bahas lebih dalam lagi ya mengenai SEO. Terimakasih untuk Share dan perhatianya.