Banjir Bandar Lampung dan sekitarnya januari 2013

Diguyur hujan selama 3 jam, 20 titik di Kota Bandar Lampung mengalami banjir dengan ketinggian 1 sampai 2 meter. Banjir tersebut juga mengakibatkan 3 orang meninggal.

"Hujan selama 3 jam kemarin di Bandar Lampung, menyebabkan pagar gedung Futsal di kelurahan Talang roboh dan menimpa 2 anak. 1 orang lainnya meninggal di kelurahan Gunung Mas," jelas Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangannya kepada detikcom, Jumat (25/1/2013).

Sutopo menambahkan, banjir tersebut merendam sekitar 265 rumah di berbagai kelurahan yang berada di Bandar Lampung. Tingkat ketinggian banjir bervariasi di berbagai tempat.

"Ketinggian di beberapa titik mencapai sekitar 2 meter di Kelurahan Pasir Gintung dan Kelurahan Kupang, sedangkan di Kelurahan Bakung dan Keteguhan Banjir Rob 1meter," ucapnya.

Pihaknya juga langsung membantu warga untuk mengevakuasi dibantu oleh aparat TNI dan Polri. Dia menambahkan, saat ini sebagian besar daerah di Bandar Lumpur mulai surut dari banjir.

"BPBD Provinsi Lampung dan BPBD Kota Lampung bersama aparat setempat dan masyarakat serta 1 Pleton Brigif 3 Marinir membantu evakuasi," tutup Sutopo.
Akibatnya kendaraan yang datang dari arah Rajabasa menuju Tanjungkarang terpaksa harus balik arah. Namun tidak sedikit kendaraan roda dua yang nekad yang menerobos genangan air.

Pengamatan Tribun, di lokasi banjir  yang disertai pemadaman arus listrik, ternyata menjadi tontonan menarik warga sekitar. Meski hanya dengan penerangan lampu kendaraan warga antusias ikut membantu mengatur lalu-lintas.

Setelah hampir satu jam ditutup, petugas kepolisian akhirnya membuka blokir Jalan Teuku Umar, dan arus lalu-lintas perlahan normal

Kategori: