Beberapa Tips Android Untuk Meningkatkan Performa Android

Beberapa Tips Android Untuk Meningkatkan Performa Android

Semakin hari, teknologi semakin maju dan berkembang memberikan kemudahan bagi manusia dalam berbagai bidang. Salah satu teknologi yang berkembang cepat adalah android. Hanya dalam beberapa tahun saja, gadget yang satu itu menyebar hingga ke semua kalangan. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan android, sehingga banyak tips android yang muncul dalam upaya pengoptimalan penggunaan android. Sama seperti komputer, banyak aplikasi yang bisa dijalankan dalam gadget kecil bernama android itu. Banyaknya aplikasi yang terpasang sering kali membuat performa andorid menjadi lambat. Contohnya saja proses loading yang cukup lama dan sering kali mengalami hang. Tentu saja hal ini sangat menjengkelkan dan harus segera ditangani.

Jika android anda mengalami masalah itu, anda bisa mencoba tips android untuk meningkatkan perfoma android berikut ini:

1. Menghapus atau pindahkan file berukuran besar
Memori internal yang sudah memerah, atau hampir penuh akan membuat performa android menurun. Karena itu, sebaiknya hapus saja file-file berukuran besar, atau jika masih dipakai pindah saja kememori eksternal atau drive penyimpanan yang lain.

2. Mengunistal aplikasi yang tidak terpakai
Banyaknya aplikasi yang terinstal juga membuat performa android jadi lambat. Karena itu, lihat lagi, adakah aplikasi yang jarang dipakai dan tidak terlalu penting? jika tidak, sebaiknya uninstal saja aplikasi itu agar performa android meningkat. Untuk aplikasi bawaan yang tidak bisa di uninstal harus dinonaktifkan dengan menggunakan menu disable. Selain tips diatas yang lebih memfokuskan masalah utama penyebab performa android menurun, tips android berikut juga tidak boleh diabaikan jika ingin meningkatkan performa andorid.

3. Menutup aplikasi background
Banyak pengguna android yang belum mengetahui betul cara menutup aplikasi yang sedang berjalan. Mereka tidak sadar kalau aplikasi tersebut masih tetap jalan sehingga menguras daya baterai juga RAM. Karena itu, sebaiknya cek aplikasi yang berjalan di backgroun atau mengintal Task Killer untuk menutup aplikasi tidak terlihat.

4. Menghapus cache aplikasi
Ada beberapa aplikasi yang loadingnya cukup cepat karena adanya cache. Sayangnya, cache ini cukup memakan ruang memori internal sehingga performa android menurun. Karena itu, kita perlu menghapus cache dengan cara settings>storage>cached data>ok. Turunnya performa android juga berhubungan dengan RAM yang terlalu penuh atau krang optimal.

5. Mengoptimalkan RAM
Caranya dengan menutup aplikasi dengan menggunakan tombol back, lalu aplikasi yang sedang berjalan dibackground dimatikan, sehingga performa android meningkat karena kapasitas RAM-nya longgar.

6. Restart
Jika android anda semakin berat untuk diguakan, maka restart bisa menjadi pilihan agar android kembali seperti semula. Hanya saja, ini hanya berlaku sementara saja.
Itulah beberapa tips android untuk meningkatkan kinerja andorid yang bisa anda coba. Siapa yang senang punya ponsel keren seperti android? Tapi kalau lemot, pasti menjengkelkan, karena itulah, sebaiknya tips diatas agar android anda tidak lagi lemot.