Hidup Sehat, Tetap Hemat!

            Saya yakin semua orang pasti menginginkan hidup sehat. Permasalahannya, dengan penggunaan pestisida pada tanaman pangan, orang akan mencari sayuran atau bahan makanan dengan label organik. Sayangnya, bahan makanan organik harganya juga tidak murah. Belum lagi untuk menjaga kebugaran, diperlukan biaya ke pusat kebugaran, atau untuk membeli perlengkapan olahraga. Ditambah lagi makanan tambahan atau suplemen, yang seringkali, harganya lebih mahal daripada makanan utama.

            Namun, tahukah Anda bahwa sehat tidak berarti hidup mahal. Dengan memiliki gaya hidup yang seimbang dan pola pikir yang positif, Anda akan tetap sehat tanpa mengeluarkan banyak biaya. Ikuti tips dari tim iMoney berikut ini.

Santai!

Sebelum ‘menyehatkan’ raga, mari sehatkan dulu pikiran Anda. Pernahkah Anda merasakan sakit kepala atau sesak nafas tanpa penyebab sakit yang jelas? Bisa jadi gejala tersebut muncul karena Anda dalam keadaan tertekan atau marah. Penyakit tidak hanya timbul karena pengaruh bakteri atau virus, kondisi pikiran yang negatif juga bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit.  

            Oleh karena itu, diperlukan relaksasi setiap hari. Relaksasi dapat dilakukan di kantor maupun di rumah, dengan berbagai cara. Bahkan, Anda tidak perlu membayar untuk melakukan relaksasi. Cukup dengan melakukan senam kecil, tidur yang cukup, meditasi, berkumpul dengan orang-orang tercinta, atau mengonsumsi teh, Anda sudah melakukan relaksasi dengan cara yang murah dan aman. Selain itu, minum banyak air putih juga dapat menghilangkan stres. Hal ini dikarenakan air putih dapat membantu suplai oksigen ke otak, sehingga Anda merasa lebih santai.

 

Olahraga

Memang benar olahraga dapat memperbaiki stamina dan mood Anda. Tidak mengherankan kalau olahraga selalu disarankan pada siapa saja, bahkan pada mereka yang sudah lajut usia. Tapi, berolahraga bukan berarti harus menghabiskan sekian ratus ribu ruupiah untuk menjadi anggota pusat kebugaran. Anda juga tidak harus membelanjakan sekian juta untuk membeli alat-alat olahraga seperti para atlit. Olahraga dapat dilakukan saat Anda mengerjakan kesibukan sehari-hari.

            Daripada mengajak keluarga ke pusat perbelanjaan saat akhir pekan, kenapa tidak ajak mereka untuk olahraga. Anda bisa mengajak mereka lari pagi di taman atau alun-alun kota. Anda juga bisa menjaga si kecil yang bermain sepeda sambil melakukan peregangan. Selain irit, kegiatan ini juga memupuk keharmonisan keluarga Anda. Bahkan saat di kantor, Anda pun bisa melakukan peregangan untuk menjaga mood kerja Anda. Usahakan untuk lebih sering menggunakan tangga. Jika Anda ingin ke ruangan yang hanya beda dua lantai, maka gunakanlah tangga. Selain menjaga stamina, menggunakan tangga juga merupakan bentuk olahraga yang efisien untuk mengencangkan otot dan menurunkan berat badan.

Tanam Sendiri!

 Indonesia adalah Negara yang subur. Oleh karena itu, tidak sulit untuk mendapatkan bahan makanan dan rempah dari halaman sendiri. Gunakan sebagian halaman rumah Anda untuk menanam rempah, seperti bawang, cabai, tomat, daun seledri, dan lain sebagainya. Selain mudah dirawat, tanaman-tanaman ini juga sangat cocok tumbuh di iklim tropis seperti di Indonesia. Jika Anda tidak punya halaman, maka gunakanlah pot.

            Menanam sebagian kebutuhan pangan dapat menghemat anggaran belanja. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan hasil panen organik, atau tanpa pestisida. Selain bumbu atau rempah, adapula berbagai jenis sayuran yang bisa Anda tanam di rumah. Bahkan, Anda tidak membutuhkan lahan yang luas untuk memiliki kebun sendiri. Sayuran yang dapat ditanam di pot antara lain; kol, kacang panjang, sawi, kangkung, dan kentang.

 

 

Ubah Cemilan!

            Ngemil adalah kegiatan yang menyenangkan. Ubahlah kebiasaan ngemil Anda dengan mengonsumsi cemilan sehat. Sekali-kali alihkan keinginan untuk menikmati es krim dengan mengonsumsi sorbet atau yogurt. Selain sehat, harganya pun terjangkau. Anda bahkan bisa membuat sorbet sendiri di rumah. Cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan sebagai pengganti cokelat atau keripik. Tidak perlu membeli jenis buah yang mahal, pepaya, pisang, atau mangga juga terjangkau, enak, dan sehat. Alternatif cemilan sehat lainnya adalah agar-agar. Selain rasanya yang beragam dan menyegarkan, agar-agar juga dapat membantu sistem pencernaan.

            Kami yakin masih banyak lagi kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan, tapi tetap irit. Jika perlu, buatlah agenda keluarga agar Anda dapat meluangkan waktu untuk sekedar lari pagi, bermain tenis meja, atau jalan santai. Membuat agenda juga mengurangi stress, karena Anda dapat menguraikan kesibukan Anda dan menentukan prioritas. Dengan demikian, pikiran Anda tidak terasa ‘sumpek’.

Selamat hidup sehat dan hemat!

“Sumber dari AturDuit Indonesia”  (https://www.aturduit.com

 

 

Source:

http://www.tipscaraterbaik.com/kenapa-stress-bisa-menyebabkan-penyakit.html

http://oh-gitu.blogspot.com/2013/04/aktivitas-kantoran-untuk-menurunkan.html

http://www.housetohome.co.uk/garden/articles/grow-salad-in-a-basket-gardening-ideas-5-easy-pot-projects_528926.html

http://www.infojajan.com/artikel/10-cemilan-sehat-bagi-tubuh-anda

kategori: