Hubungan dan Komunikasi Berbagai Peran Keluarga

Hubungan dan Komunikasi Berbagai Peran Keluarga

Setiap anggota keluarga memiliki peran keluarga yang berbeda-beda. Peran ayah yaitu bekerja, peran ibu mengurus rumah tangga dan peran anak untuk belajar.Namun, peran-peran itu memang tidak dapat dikerjakan masing-masing. Semuanya harus dikerjakan dengan cara saling membantu. contohnya saja ibu harus membantu sang anak untuk belajar. Atau ayah harus membantu ibu mengurusi kebutuhan rumah tangga dan lain-lain. Dalam artikel ini, kita akan membahas, bagaimana sang ibu membantu anak dalam mengerjakan PR dan membangkitkan semangat anak dalam mengerjakannya.

Bagaimana cara untuk membuat peran-peran tersebut saling berkesinambungan. Inilah cara untuk mengerjakan komunikasi anggota keluarga antara ibu dan anak dalam mengerjakan tugas atau belajar:

  1. Hindari HP, televisi atau alat elektronik lain yang mengganggu anak untuk belajar. Siapkan juga tempat belajar yang nyaman, bisa dimana saja misalkan ruang tamu, kamar tidur, atau halaman.
  2. Sediakan teh yang berfungsi untuk menenangkan pikiran dan memiliki banyak manfaat.
  3. Berikan waktu tetap sebagai jadwal belajar.
  4. Tak perlu terlalu serius, belajarlah secara santai agar pikiran anak juga tenang.
  5. Temani mereka sampai kira-kira 20 menit, lalu anda boleh keluar, tapi tetap di awasi.

Dengan menetapkan berbagai cara tersebut, akan membuat anak belajar efektif. Dengan begitu pula peran keluargadapat diciptakan masing-masing anggota. Anak pun merasa di perhatikan dan akan semangat dalam pendidikannya di sekolah. Ibu pun akan mendapatkan predikat sebagai ibu rumah tangga yang baik.

kategori: