info seputar versi dan fitur windows 8

info seputar versi dan fitur windows 8
info seputar versi dan fitur windows 8

Beberapa minggu lalu Microsoft baru saja secara resmi meluncurkan Windows 8. Windows 8 merupakan pembaharuan fitur & tampilan yang cukup radikal dibanding pendahulunya, baik Windows 7 maupun Vista.

Windows 8 menawarkan pengalaman baru untuk mengeksplorasi berbagai perangkat, mulai dari PC, Laptop, Tablet & Smartphone.

 
Versi Windows 8 :

1.   Windows 8, merupakan versi untuk konsumen yang mencakup kemampuan Windows 8 secara umum.

2.   Windows 8 Pro, merupakan versi untuk pengguna kalangan bisnis yang mencakup kemampuan seperti koneksi ke jaringan perusahaan (company network), akses file pada komputasi awan, enkripsi data & lainnya.

3.   Windows 8 RT, merupakan versi untuk perangkat non-komputer (atau bukan berbasis processor Intel), seperti perangkat tablet & smartphone. Windows 8 RT sudah menyertakan pake MS Office dalam paketnya.

Produk ini sudah bisa dibeli dengan opsi secara (1) ritel, (2) OEM (terinstal langsung di PC), (3) OLP (Open License untuk perusahaan) atau (4) upgrade secara online di situs Microsoft.

 Beberapa fitur Windows 8 :

1.   Tampilan Windows 8 betul-betul baru, yang disebut sebagai “Metro”. Metro menghilangkan tombol “START” dikiri bawah yang selama ini menjadi standar seluruh Windows. Tombol tersebut diganti dengan icon-icon besar interaktif (disebut “tile”) yang memenuhi seluruh layar. Tile melambangkan fungsi tertentu seperti Browser, Foto, File Dokumen dan lain-lain. Contoh tile pada gambar dibawah.
 

2.   Pada dasarnya Windows 8 di optimalkan untuk kemampuan touchsreen (layar sentuh). Walau bisa dijalankan pada Laptop & PC biasa, tapi Windows 8 akan lebih fungsional saat dijalankan pada tablet atau Laptop touchscreen.

 

3.   Tampilan Windows 8 mampu mengadopsi 16 : 9 aspect ratio yang umum digunakan oleh layar lebar (widescreen) dengan resolusi 1366 x 768.

A selection of PCs running Windows 8 and Windows RT

4.   Tersedia Windows Store dimana pengguna dapat menambah atau membeli aplikasi untuk Windows 8 secara online. Windows Store mirip dengan i-Tunes & Google Play.

 

5.   Pengguna dapat menggunakan berbagai versi login & password, mulai dari cara biasa (PIN) atau picture password; dimana pengguna membuka login dengan click pada titik tertentu pada area gambar.

 
6.   Microsoft Account terintegrasi, dimana account pada Windows 8 juga terintegrasi dengan layanan Microsoft lainnya, seperti Xbox Live, Xbox Video & SkyDrive.

 
7.   Windows 8 mendukung multipe-monitor, yaitu membuka banyak tampilan (display) berbeda pada satu perangkat. Versi Windows sebelumnya maksimal membuka 2 display. Display umumnya digunakan saat pengguna mengkoneksikan projector atau LCD Monitor pada Laptop.

http://www.servethehome.com/wp-content/uploads/2012/11/Microsoft-Windows...

8.   Tampilan Windows Explorer diganti dengan File Explorer, yang mirip dengan tampilan Ribbon Toolbar pada Microsoft Office 2010. Fungsinya agar pengguna dapat mudah mengakses file yang paling sering digunakan.

 
9.   Windows 8 menggunakan browser Internet Explorer 10 yang berfungsi sebagai browser standar & aplikasi dengan tampilan penuh (full screen interface) dalam mode touchscreen.

 
10.   Fitur Family Safety, dimana pengguna (administrator) dapat memonitor & membatasi activity pengguna lainnya via web filtering,  pembatasan aplikasi serta pembatasan waktu penggunaan komputer.
Fitur Windows 8 lainnya :

File History

Perbaikan fungsi Backup & Restore pada Windows. Melakukan backup otomatis pada perangkat external dengan kemampuan melacak perubahan-perubahan yang terjadi pada file tersebut.

 

 

 

 

Installation

Fitur upgrade assistant, dimana akan mempercepat & mempermudah proses upgrade dari versi Windows sebelumnya. Selama instalasi, OS akan melakukan cek kompatibilitas, transfer file & setting, download file  dan lain sebagainya.

 

 

 

 

 

Networking

Mendukung fitur Mobile Broadband dengan perbaikan internet connectivity. Sistem akan mendeteksi nama operator dan melakukan setting otomatis. Juga mendukung flight mode, untuk mematikan fungsi wireless saat berada di pesawat.

 

 

 

 

 

Startup

Fitur "Hybrid Boot" dimana saat sistem melakukan shut-down, aplikasi tidak off secara total. Saat dinyalakan berikutnya akan lebih cepat.

 

 

 

 

Repair & Recovery

Dapat mendeteksi masalah sistem, seperti crash & hang. Secara otomatis menampilkan Advanced Starup Menu untuk melakukan diagnostic & fungsi perbaikan. Juga terdapat Refresh & Reset, dimana pengguna dapat menginstalasi ulang OS tanpa DVD atau file original.

 

 

 

 

 

Security

Mengintegrasikan aplikasi Windows Defender yang berbasis Microsoft Secuirty Essential untuk menangkal virus & malware.

 

 

 

Video Subsystem

Mengintegrasikan WDDM dan DirectX Graphics Infrastructure 1.2 untuk menampilkan pencitraan yang lebih baik.

 

 

 

 

Windows To Go

Membuat sebuah bootable USB Flash Drive (Live USB) untuk menjalankan Windows 8 di PC, termasuk program, setting & file didalamnya.

 

 

 

 

Hyper-V

Perbaikan fungsi aplikasi Virtualisasi, yang dulu hanya ada di versi Windows Server.  Sekarang tersedia di Windows 8 Pro.