Kelebihan Menggunakan Database Management System ( Belajar php Mysql)

Database Management System yang selanjutnya akan disebut DBMS adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan mengontrol pengaksesan database yang berbasis komputerisasi. Contoh DBMS yang terkenal adalah Microsoft Acces dan oracle.

Kelebihan Menggunakan DBMS :

  1. Mengontrol Duplikasi Data.  DBMS Memungkinkan pengotrolan terhadap duplikasi data sebagai contoh dalam suatu sekolah setiap siswa memiliki nomor induk siswa. Bagi Sekolah satu nomor Induk Siswa hanya digunakan untuk satu siswa , Dengan menggunakan DBMS, data nomor induk siswa bisa diatur agar tidak kembar.
  2. Menyediakan Kemampuan Berbagi Data.  Kemampuan untuk menggunakan data yang bisa dipakai oleh banyak orang inilah yang disebut data sharing Kemampuan ini sekaligus mengurangi duplikasi data. Mengapa Begitu, Bisa dibayangkan kalau setiap departemen/ unit dalam suatu organisasi memiliki data tersendiri. Data seorang pegawai bisa tersimpan di beberapa berkas, yang berarti terjadi duplikasi, Dengan memanfaatkan kemampuan berbagi data, data seorang pegawai cukup disimpan di satu tempat dalam database tetapi datu itu bisa digunakan oleh banyak orang.
  3. Meningkatkan Integritas Data. Data Yang dihasilkan oleh DBMS akan dicegah dari duplikasi data agar menghasilkan data yang valid dan menjaga Integritas data tersebut
  4. Mengatur Kemanan Data. DBMS memberikan fasilitas yang berguna untuk mengatur akses terhadap data, fasilitas ini memungkinkan data tertentu hanya bisa diakses oleh orang tertentu saja. Sebagai konsekuensinya setiap pemakai perlu mengakses sistem dengan menggunakan identitas yang dilengkapi dengan password.

Untuk merinteraksi dengan DBMS (basis data) menggunakan bahasa basis data yang telah ditentukan oleh perusahaan DBMS. Bahasa basis data biasanya terdiri atas perintah-perintah yang di formulasikan sehingga perintah tersebut akan diproses olah DBMS. Perintah-perintah biasanya ditentukan oleh user. Ada 2 bahasa basis data:

  1. Data Definition Language (DDL). DDL digunakan untuk menggambarkan desain basis data secara keseluruhan. DDL digunakan untuk membuat tabel baru, menuat indeks, ataupun mengubah tabel. Hasil kompilasi DDL disimpan di kamus data.
  2. Data Manipulation Language (DML). DML digunakan untuk melakukan menipulasi dan pengambilan data pada suatu basis data seperti penambahan data baru ke dalam basis data, menghapus data dari suatu basis data dan pengubahan data di suatu basis data.