mengapa banyak produsen menyebut produk mereka berteknologi LED

Layar berteknologi LED yang digunakan pada sebagian besar layar monitor saat ini bukanlah merupakan LED murni. Layar tsb masih menggunakan teknologi LCD, tapi dengan teknik pencitraan yang lebih modern. Layar berteknologi LED murni sendiri masih jarang digunakan karena berharga mahal.
 Jadi jika ada produk yang mengklaim menggunakan LED (seperti “LED TV”) umumnya masih berteknologi LCD. Ini berlaku pada TV, Desktop, Laptop, Smartphone maupun Tablet. Mulai dari merek A sampai Z.
 Jadi mengapa banyak produsen menyebut produk mereka berteknologi LED ?
Sejauh ini LCD merupakan teknologi yang paling umum digunakan oleh banyak perangkat. Teknologi terbaru LCD mangadopsi fitur “LED Backlight”, yaitu LCD dibuat lebih terang & jernih dengan menempatkan sinar LED sebagai pembangkitnya. Sebelumnya LCD (seperti Laptop model lama) dikenal dengan tipe pencitraannya yang soft, ringan serta cenderung tdk terlalu terang. Dengan adanya teknologi LED, kelemahan ini bisa diatasi.
 LED Backlight sendiri dibagi menjadi tiga yaitu :
 
1.       Edge-lit LED. Menggunakan teknik dimana pada sekeliling frame layar disisipkan beberapa puluhan LED untuk menerangi pencitraan layar. Produk dengan edge-lit biasanya menggunakan frame layar cenderung lebar. Frame adalah bidang tepi layar, yang melindungi & membentuk layar seperti frame foto.
2.       Full Array LED (atau Direct LED). Menggunakan teknik penyebaran LED pada seluruh bidang layar LCD. Full Array LED umumnya digunakan oleh produk-produk high-end, dan menggunakan frame tipis (atau frameless). Jika kita melihat TV atau Laptop yang hampir tidak memiliki frame, kemungkinan besar menggunakan teknologi Full Array.
3.       RGB Led merupakan pengembangan dari Full Array dengan kemampuan pencitraan warna serta pengontrol terang/sinar layar. RGB Led merupakan tipikal produk berkualitas tinggi, tapi berharga sangat mahal. RGB digunakan pada produk super-high end yang berharga mahal.
 
Sebagian besar produk yang beredar saat ini menggunakan LED Backlight tipe “Edge-Lit LED”. Kelebihannya terletak pada (1) cost-production yang murah (2) produk bisa dibuat super tipis (3) hemat daya baterai.
 
Semoga bermanfaat, thanks