Merubah Prioritas Resource Memory & Processor Aplikasi Windows 8

Kita mungkin belum tahu bahwa komputer mengalokasikan resource memori (RAM) dan prosesor kepada beberapa aplikasi saja, berdasarkan prioritas program? Informasi dibawah ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan. Secara default sistem telah mengatur konsumsi memori dan prosesor berdasarkan prioritas yang ditentukan secara otomatis.

Tapi sebenarnya kita dapat mengubah prioritas suatu program, terutama di Windows 8 sangat memungkinkan untuk dilakukan. Di bawah merupakan panduan singkat karena memang sebenarnya trik ini bukan rahasia, tetapi cukup tersembunyi sehingga tidak semua orang mengetahuinya. Untuk dapat merubah prioritas sebuah program tidak diperlukan aplikasi pihak ketiga. Kita langsung saja ke langkah-langkahnya:

§  Pertama-tama jalankan Task Manager di Windows, untuk cara cepat tekan CTRL+SHIFT+ESC.

§  Dalam kasus ini kita akan merubah prioritas aplikasi “Ccleaner” (silahkan pilih aplikasi lain sesuai kebutuhan), pada menu tab Processes klik kanan pada aplikasi CCleaner dan klik Go to details.

Melihat apa saja proses yang berjalan di Windows 8

§  Kemudian pada baris CCleaner64.exe kembali klik kanan pada mouse lalu arahkan mouse ke Set Priority dan klik Below normal. Artinya aplikasi akan berada pada prioritas di bawah normal. Kita dapat menerapkan prioritas yang berbeda sesuai dengan kebutuhan baik untuk CCleaner atau aplikasi lain jika dirasa diperlukan.

Setting Prioritas aplikasi yang berjalan di Windows 8

§  Kemudian terakhir klik tombol Change Priority untuk konfirmasi perubahan sekaligus menyimpan.

Contoh perubahan prioritas aplikasi di Windows 8

Tidak rumit dan tidak lama, hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 3 menit untuk merubah prioritas aplikasi, namun dengan langkah ini dampak yang dibuat cukup signifikan terhadap kinerja komputer terutama pada aplikasi bersangkutan. Dengan melakukan pengaturan lanjutan ini, Anda dapat dengan mudah memprioritaskan atau mengurangi jatah resource prosesor dan memory ke aplikasi tertentu.