Mewujudkan Lingkungan Bersih

Mewujudkan Lingkungan Bersih

Untuk mewujudkan lingkungan bersih baik di lingkungan rumah anda ataupun di lingkungan sekitar dibutuhkan upaya yang kuat dan kesadaran dari berbagai pihak. Oleh sebab itu dibutuhkan kesadaran sekaligus pemahaman tentang arti penting dari memiliki lingkungan yang bersih. Kurangnya kesadaran dan pemahaman tentang arti penting dari lingkungan yang bersih membuat banyak orang mengabaikan kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal kita. Contohnya adalah masih banyaknya masyarakat kita yang membuang sampah di sungai padahal dari dulu sudah ada larangan agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai sebab selain dapat mencemari sungai juga dapat menyebabkan bencana banjir. 

Karena itu peran pemerintah dan peran aktif dari semua elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk memecahkan masalah ini.  Pemerintah sebenarnya sudah cukup berperan dengan memberikan penyuluhan dan himbauan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tetapi jika ditelusuri secara mendalam memang pemerintah dituntut untuk lebih berperan aktif salah satunya dengan menyediakan tempat penampungan sampah di pemukiman yang kumuh atau padat penduduk khususnya pemukiman kumuh di sekitar bantaran sungai. Memang masalah pengelolaan sampah yang belum memadai dan optimal menjadi kendala utama dalam mewujudkan lingkungan yang bersih. Perilaku membuang sampah sembarangan sebenarnya bisa teratasi jika pemerintah mampu menyelesaikan masalah pengelolaan sampah disamping perlunya kesadaran dari masing-masing masyarakat.

Anda bisa berperan aktif untuk mewujudkan lingkungan bersih dengan menanamkan dan memberikan kesadaran tentang arti penting lingkungan yang bersih terutama kepada anak-anak agar kesadaran tersebut tumbuh sejak dini. Anda juga bisa membuat semacam jadwal rutin untuk melakukan aktivitas membersihkan lingkungan misalnya membersihkan rumah bersama seminggu sekali dan hal ini berguna untuk melatih kedisiplinan anda dan keluarga anda untuk menjaga kebersihan lingkungan. Jangan lupa untuk memisahkan antara sampah organik dengan non organik untuk memudahkan dalam menanggulangi timbunan sampah. Pemerintah saat ini juga sudah menyediakan tempat sampah organik dan non organik yang disediakan di tempat umum-umum sebagai bukti peran aktif pemerintah dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

 

 

kategori: