Peluang Usaha Sampingan Biogas Yang Menguntungkan

Peluang Usaha Sampingan Biogas Yang Menguntungkan

Salah satu jenis peluang usaha sampingan adalah sampah organik. Jenis ini bersal dari sayuran-sayuran busuk dan juga kotoran hewan. Olahan sampah dapat dimanfaatkan sebagai pengganti energi fosil atau biasa disebut dengan biogas. Biogas dapat dimanfaatkan penggerak turbin utuk menghasilkan listrik atau sebagai bahan bakar kompor gas. Berbeda dengan sampah anorganik yang sulit diuraikan sebenarnya sampah ini dapat diuraikan oleh mikroorganisme tanah namun jika dapat dijadikan uang, mengapa harus dibuang?

Pembuatan biogas ini tidaklah sulit oleh sebab itu, biogas dapat dijadikan pilihan sebagai peluang bisnis sampingan yang tepat. Berikut ini proses pembuatan biogas:

1. Siapkan bahan baku pembuatan biogas yaitu kotoran hewan, biasa digunakan kotoran sapi namun kotoran ayam lebih baik.

2. Campurkan kotoran dengan air lalu aduk hingga menyatu.

3. Simpan ke dalam suatu bejana tertutup yang terhubung dengan plastik penyimpanan biogas yang telah jadi.

4. Tunggu hingga lebih dari 3 minggu, bakteri methanogen dalam kotoran akan membentuk gas-gas melalui proses fermentasi. Gas inilah yang akan menjadi produk utama.

Berdasarkan kebutuhan pasar akibat harga gas fosil untuk memasak yang semakin meningkat dan juga kelangkaannya dipasaran, peluang usaha sampingan ini sangatlah berpotensi. Gas hasil produk dapat dimasukan kedalam tabung tentunya dengan variabel proses yang tepat atau dapat juga dilakukan penawaran jasa seperti PLN yang mengalirkan gas ke rumah-rumah dengan pembayaran tagihan tiap bulan sesuai dengan seberapa banyak gas yang digunakan.

sumber foto : google