Pemahaman Fitur Intel Integrated Memory Controller & Smart Cache

Cara Kerja Processor dalam konteks transfer data
Dalam sistem komputer, processor berfungsi sebagai pengolah data. Setelah diolah, data tersebut akan menjadi informasi. Tapi processor tidak bisa menyimpan data. Jadi data disimpan di tiga komponen lain, yaitu Cache Memory, RAM dan Hard Disk (HDD). Artinya pengolahan data terjadi antara Processor ke Cache Memory, RAM dan HDD; sesuai dengan urutan performa dan jarak ke processor.
Pertamakali Processor mencari data ke Cache Memory. Jika tidak ada, maka processor mengambil data di RAM. Dan terakhir baru ke HDD. Kelebihan komponen Cache & RAM adalah pada transfer kecepatan tinggi ke processor. Kelemahannya, kedua komponen hanya bisa menyimpan data secara sementara (temporary storage).
Sedangkan HDD bersifat semi-digital (analog) dan memiliki kelebihan menyimpan data secara permanen dalam kapasitas besar. Kelemahan HDD, transfer data yang  relatif lambat ke processor.
Posisi Cache Memory terletak didalam inti processor, sedangkan RAM dan HDD terletak di luar processor, yaitu Motheboard. Hubungan cache memory processor dapat dilakukan secara langsung, karena posisinya yang terletak di dalam processor. Sedangkan hubungan processor ke RAM harus melalui sebuah memory controller hub, dan processor ke HDD diatur oleh I/O Controller Hub.
 
Intel Integrated Memory Controller
Pada teknologi Processor Intel terbaru, Memory Controller Hub (MCH) yang berfungsi mengatur aliran data keluar masuk RAM & Graphics terletak di processor. Artinya controller tersebut terintegrasi di dalam inti processor. Sebelumnya controller ini terletak di motherboard. Dengan menyatunya controller ini didalam processor, akan membuat kecepatan transfer data meningkat signifikan karena menghilangkan delay (jarak).
Seluruh keluarga Processor Intel Core-i (i3, i5 dan i7), memiliki Integrated Memory Controller didalamnya.
Analogi :
Memory Controller merupakan “polisi lalu lintas” yang mengatur transfer data antara processor ke RAM secara bolak-balik. Jika tidak diatur, bisa terjadi kekacauan transfer antara keduanya. Integrated Memory Controller dapat diibaratkan sebuah processor memiliki polisi lalu lintas sendiri, sehingga data keluar masuk dari processor sudah teratur secara otomatis ketika menuju ke RAM.
Intel Smart Cache
Selain itu, Intel juga memperkenalkan teknologi terbaru bernama Intel Smart Cache, yang berfungsi pada komponen Cache Memory. Smart Cache secara cerdas mengalokasikan data-data yang diperlukan processor sesuai kapasitas cache yang ada.
Sejak Intel memperkenalkan konsep Dual & Multi Core pada processornya, maka Cache Memory juga mengikuti jumlah core yang tersedia. Jika processor memiliki Dual Core, cache juga berjumlah dua. Ini membuat pengolahan data menjadi tidak efisien, karena jika hanya satu core berfungsi maka cache yang berfungsi juga hanya satu. Dengan adanya Intel Smart Cache, maka setiap Core dapat mengakses cache core lainnya sehingga penyimpanan data akan jauh lebih besar dan efisien.
Analogi :
Bayangkan sebuah rumah dengan teras masing-masing disetiap rumah. Jika terdapat dua rumah (analogi dual core), dimana salah satu rumah kosong, maka teras rumah tersebut akan menganggur. Dengan konsep Intel Smart Cache, maka rumah sebelahnya dapat memanfaatkan teras kosong tersebut untuk menerima tamu. Jadi tersedia dua teras yang cukup luas untuk dimanfaatkan.