Penyebab Sakit Jantung Koroner Pencegahannya

Penyebab Sakit Jantung Koroner Pencegahannya

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit mematikan yang ada di dunia ini. Penyakit ini juga dikenal dengan nama penyakit jantung iskemik serta merupakan penyebab kematian paling tinggi di Indonesia. Penyebab sakit jantung koroner sendiri terjadi akibat adanya penimbunan lemak dalam arteri jantung atau yang dikenal pula dengan sebutan aterosklerosis. Kondisi ini juga dapat menyebabkan terjadinya penggumpalan darah atau trombosis. Apabila hal ini terjadi maka aliran darah menuju jantung juga akan terblokir sehingga menyebabkan penyakit jantung. Beberapa faktor yang memicu aterosklerosis di antaranya adalah kadar kolesterol yang tinggi, kadar gula dalam darah yang tinggi, tekanan darah tinggi atau hipertensi hingga kebiasaan merokok. Penyakit jantung koroner ini sendiri terbagi menjadi dua kategori yaitu serangan jantung dan angina atau angin duduk. Penyakit ini membutuhkan penanganan cepat dan tepat agar tidak berlanjut menjadi komplikasi.

 Komplikasi dari penyakit jantung terutama terjadi apabila jantung tidak menerima suplai darah dalam jumlah cukup sehingga kinerjanya menurun. Kondisi ini sering kita kenal dengan istilah gagal jantung. Penanganan penyakit jantung diawali dari diagnosa dokter meliputi gejala, riwayat kesehatan dalam kelaurga hingga pola hidup. Dari sini akan diketahi penyebab sakit jantung koroner yang diderita dan sejumlah pemeriksaan lanjutan akan diperlukan guna mengonfirmasi diagnosis dokter, meliputi tes darah, EKG, CT scan hingga MRI scan. Langkah pengobatan paling tepat untuk jantung koroner adalah dengan segera mengubah pola hidup ke arah yang lebih sehat. Termasuk di antaranya adalah menjaga pola makan, menjadwalkan olahraga secara rutin, mengonsumsi obat teratur dan sesuai dengan petunjuk dokter, berhenti merokok dan berhenti mengonsumsi alkohol. Penyakit jantung koroner memang belum bisa disembuhkan akan tetapi masih bisa dicegah agar tidak semakin memburuk. Alternatif cara yang bisa dilakukan adalah dengan prosedur operasi apabila memang diperlukan.

 Beberapa langkah pencegahan sederhana dapat dilakukan untuk menghindari penyakit ini serta agar tidak terjadi komplikasi lebih lanjut. Beberapa di antaranya adalah dengan mulai berhenti merokok dan berhenti berada di sekitar asap rokok. Asap rokok terbukti mengandung nikotin serta TAR dan sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Selain berhenti merokok, berhenti mengonsumsi minuman keras juga akan sangat membantu mencegah penyakit jantung koroner. Rutin berolahraga akan membakar tumpukan lemak dalam tubuh dan mengurangi resiko obesitas yang dapat berujung pada penyakit jantung. Penerapan pola hidup sehat terutama sangat penting untuk dilakukan. Kurangi makanan dengan kadar kolesterol tinggi dan mulailah mengonsumsi makanan-makanan sehat. Termasuk di antaranya adalah mengganti konsumsi gula biasa menjadi gula rendah kalori seperti Tropicana. Kandungan kalorinya yang rendah akan membantu menghindarkan kita dari obesitas. Demikian penyebab sakit jantung koroner beserta langkah-langkah pencegahan yang bisa kita lakukan.

kategori: