Peran BKPM Dalam Mengembangkan Usaha Pertanian di Indonesia

Peran BKPM Dalam Mengembangkan Usaha Pertanian di Indonesia

BKPM memang memiliki peran penting dalam pengembangan usaha pertanian di Indonesia. Bahkan tak hanya pada sektor pertanian, melainkan sektor pembangunan dan sektor perikanan juga masuk dalam daftar pengembangan BKPM. Apabila kita ingat kembali 17 tahun silam bahwa Indonesia memiliki catatan yang sangat buruk mengenai permasalahan ekonomi yakni kerisis perekonomian multi dimensional. Masih beruntung hal tersebut tak berlarut-larut karena dalam era reformasi sekarang ini, Indonesia sudah bisa bangkit dari permasalahan kerisis perekonomian tersebut. Perlahan memang pasti bangsa Indonesia sudah mampu menunjukkan kemajuan perekonomiannya, bahkan sekarang ini pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah mulai meningkat, baik dalam sektor pertanian, pembangunan, pangan, perikanan dan sebagainya.

Untuk sekarang ini, usaha pertanian di Indonesia memang masih perlu support untuk bisa memasuki market Internasional, pasalnya Indonesia masih berada dibawah negara Korea, Vietnam dan Cina untuk permasalahan market eksport Internasional. Pastinya peran BKPM dalam hal ini sangatlah diperlukan agar sektor pertanian bisa dikembangkan secara optimal karena negara Indonesia ini telah diberkahi tanah yang begitu subur dan juga iklim yang sangat baik untuk menjaga pertumbuhan tanaman. Namun untuk mengembangkan sektor pertanian, tentu bukanlah hal mudah dan instan untuk kita realisasikan. Diperlukan esktra kerja kerasa untuk membangunnya dan harus terdapat support investasi yang begitu besar. Meski demikian, pengembangan usaha sektor pertanian dipastikan lebih mudah jika BKPM turut mendukung sepenuhnya kemajuan pertumbuhan pertanian Indonesia.

Memang bukanlah rahasia umum jika modal bagian terpenting untuk memajukan usaha pertanian di Indonesia, seperti halnya untuk melakukan penanaman tanaman dan melakukan sebuah riset untuk menghasilkan varietas tanaman yang paling terbaik. Hal  yang tak dapat dipisahkan dari usaha pertanian ialah memberikan bekal para pengusaha untuk memasarkan atau menjual produk hasil pertaniannya mengingat sekarang ini sudah terjadi market global sehingga banyak pengusaha sektor pertanian yang bersaing, baik dengan pengusaha-pengusaha domestik maupun pengusaha asing. Oleh karena itulah, peran BKPM sangat dibutuhkan untuk memajukan pertanian Indonesia agar bisa bersaing di market global.

kategori: