Perbandingan Berbagai Format Video

Perbandingan Berbagai Format Video
Perbandingan Berbagai Format Video

Perbandingan Berbagai Format Video

Banyak pengguna menjalankan atau membuat audio video pada perangkat mereka, baik di komputer, smartphone, tablet & lain sebagainya.

Video (dan Audio didalamnya) yang beredar sekarang memiliki banyak format berbeda, karena teknologi video sendiri berkembang dengan signifikan. Ini membuat produsen & organisasi standarisasi membuat format yang memenuhi kepentingan mereka. Format-format tersebut mengandung kualitas, teknik kompresi serta aplikasi pemutar berbeda.

Walaupun begitu, karena format merupakan file komputer, maka bisa dikonversi satu sama lain (walau secara terbatas). Misalnya format AVI bisa di konversi ke MP4. Atau dari 3GP ke RM dan lain sebagainya. Konversi akan membuat kualitas audio video berubah sesuai dengan format barunya. Setelah di konversi, kadang kualitasnya akan menurun. Ini yang terjadi pada film bajakan yang dicopy secara terus-menerus.

Berbagai aplikasi populer saat ini sudah bisa menjalankan berbagai format Audio Video, seperti Windows Media Player, Quick Time, Winamp, AVS dan lain-lain.

Berbagai format Video Populer :

Flash Video Format (.flv)

FLV merupakan file video populer yang diputar pada aplikasi Flash Video Player (Adobe). File ini populer di internet, berbentuk klip/video yang berjalan di atas web, seperti YouTube. Hampir semua web browser sudah mendukung format file ini, baik Explorer, Chrome, Opera & Firefox.

AVI Format (.avi)

AVI merupakan format audio video lama yang dikembangkan oleh Microsoft. Kita bisa menemukan format AVI pada keping VCD lama. Saat ini format AVI cenderung ditinggalkan karena kapasitasnya cukup besar, tapi kualitas videonya kurang meyakinkan.

AVI menggunakan metode Codec, yaitu teknik dimana sebuah file film orisinil di kompresi agar kapasitasnya kecil, dan ketika diputar kompresi tersebut dibuka kembali (de-kompresi). Codec otomatis dilakukan saat pengguna membuka file AVI pada sebuah aplikasi.

Pada masanya file AVI sendiri cukup populer dan bisa dibuka oleh berbagai aplikasi, seperti Apple Quicktime, Windows Media Player & Winamp.

MP4 Format (.mp4)

Format MP4 sangat populer, karena digunakan oleh berbagai perangkat populer, seperti Smartphone Android, Iphone dan Tablet.

Format ini merupakan bagian standar MPEG, sebuah grup dunia standarisasi video. Dikembangkan dari standar MPEG-1, MP4 mendukung Audio/Video “objects”, konten 3D, dan Digital Rights Management (anti pembajakan digital).

MPEG-4 menggunakan dua kompresi berbeda, dimana video dikompresi menggunakan MPEG-4 encoding, sedangkan audio menggunakan kompresi AAC (standar AAC kita kenal pada handphone Nokia).

Mpg Format (.mpg)

Saat ini sebagian besar format video distandarisasi oleh sebuah organisasi dunia yang disebut MPEG (Moving Picture Experts Group). Hasilnya file MPG berkualitas tinggi, kapasitas besar tapi bisa didownload via internet. MPG umum digunakan pada film DVD, dan bisa dibuka oleh berbagai aplikasi umum misalnya Quick Time; atau langsung pada DVD Player.

Windows Media Video Format (.wmv)

WMF format dikembangkan oleh Microsoft, dan kurang begitu populer karena hanya bisa dijalankan pada aplikasi Windows Media Player. Aplikasi lain harus menginstalasi plug-in tambahan untuk menjalankannya. File WMF awalnya didesain untuk streaming internet, tapi saat ini menjadi standar video biasa.

3GP File Extension (.3gp)

3GP merupakan format file yang didesain untuk berjalan di Smartphone 3G & internet, walau dapat dijalankan di PC juga. 3GP direkam langsung melalui gadget dan langsung diolah sebagai video. Pada PC kita memerlukan codec khusus.

Kelebihan 3GP pada ukuran  file yang cukup kecil (3 – 5 MB), hingga mudah di transfer melalui internet. Kelemahannya terletak pada kualitas gambar & suaranya yang rendah.

Advances Streaming Format (.asf)

ASF merupakan bagian dari WMF format yang dikembangkan oleh Microsoft. Didesain untuk keperluan streaming internet yang dijalankan pada HTTP Servers. ASF juga mendukung penyimpanan seperti HDD, dan umum digunakan pada CCTV.

Untuk menjalankan ASF bisa melalui Windows Media Player.

Real Media Format (.rm)

RM merupakan format dari aplikasi Real Media, yang digunakan untuk keperluan streaming internet. RM sempat populer, tapi hanya bisa dijalankan pada aplikasi khusus Real Media Video.

Flash Movie Format (.swf )

SWF merupakan format untuk menjalankan file Macromedia Flash, yang biasanya berbentuk program animasi. SWF terintegrasi pada sebuah web interaktif yang menampilkan banyak animasi seperti iklan.

Hampir seluruh web brower seperti IE, Chrome, Opera & Firefox sudah mendukung format SWF, walau harus menginstal plug-in (file tambahan).

Kategori: