Tips Memilih Aki Kering Motor Murah Berkualitas NS Battery

Tips Memilih Aki Kering Motor Murah Berkualitas NS BatterySama seperti aki mobil, aki motor merupakan bagian yang sangat penting pada kendaraan bermotor. Aki pada motor tidak hanya berfungsi untuk men-starter motor saja, namun juga untuk menyalakan lampu, klakson, lampu sen sen dan lain sebagainya karena memang fungsi aki motor adalah sebagai sumber listrik. Untuk anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perawatan secara rutin terhadap aki motor, anda bisa menggunakan aki kering. Karena aki kering tidak membutuhkan perawatan, yang perlu anda lakukan hanyalah melakukan pengecekan saja dan pengecekan tersebut dapat anda lakukan sekalian ketika anda melakukan service motor di bengkel. Saat ini sudah ada banyak aki kering motor murah berkualitas yang bisa anda pakai, salah satunya adalah dari NS Battery.

Berbeda dengan aki mobil dari NS Battery,jenis aki motornya tidak menggunakan seri NS Cheetah ataupun NS Jaguar, salah satu jenis aki kering dari NS Battery untuk motor adalah NS Hawk yang memiliki masa garansi selama 1 tahun, sama seperti masa garansi NS Jaguar dan juga NS Eagle dengan masa garansi 18 bulan atau 1,5 tahun seperti NS Cheetah. Perlu anda ketahui bahwa setiap merek dan juga jenis motor membutuhkan jenis aki yang berbeda-beda, tergantung dari spesifikasi motornya. Apabila tidak menggunakan aki motor yang sesuai kebutuhan maka dapat menyebabkan kerusakan pada motor anda. Misalnya saja anda memiliki motor Vario 110 cc, maka aki dari NS Battery yang dapat anda gunakan adalah seri NS Hawk, berbeda ketika anda menggunakan Scoopy, ada dua jenis NS Battery yang bisa anda pilih, yaitu NS Hawk atau NS Eagle. Sebagus apapun aki kering yang anda gunakan untuk motor anda, apabila tidak sesuai maka tidak ada gunanya. Karena itulah pastikan aki tersebut sesuai dengan spesifikasi motor, dengan begitu aki kering motor murah berkualitas pun tidak masalah untuk anda gunakan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika memilih aki untuk motor anda.

  • Pilihlah aki yang berasal dari brand ternama seperti NS Battery. Dengan menggunakan aki dari brand-brand ternama, kualitasnya sudah terjamin. Selain itu, brand ternama biasanya juga memiliki waktu garansi yang lama serta mudah untuk melakukan klaim apabila ditemukan cacat pada barangnya. Untuk NS Battery sendiri ada 2 jenis aki kering yang bisa anda pilih sesuai dengan spesifikasi motor anda. Aki dari NS Battery sudah teruji kualitasnya dan pasti awet karena aki tersebut adalah aki maintenance free VRLA atau Valve Regulated Lead Acid yang memiliki laju penguapan air rendah, jadi sangat awet, tahan lama dan juga bebas perawatan. Apalagi aki dari NS Battery juga didukung dengan teknologi AGM atau Absorbent Glass Mat yang membuatnya tahan bocor.
  • Yang perlu diperhatikan selanjutnya ketika memilih aki kering motor murah berkualitas adalah waktu produk atau manufacturing date dan juga tanggal kadaluarsanya. Sama seperti makanan, aki motor juga memiliki waktu kadaluarsa alias memiliki umur. Semakin tua umur aki motor, maka kondisi aki nya pasti sudah tidak bagus karena komponen-komponen di dalam aki tersebut sudah renta sehingga menyebabkan aki tidak dapat bekerja secara optimal. Karena itulah, sebelum anda membeli sebuah aki kering, termasuk NS Battery, anda harus mengecek tanggal pembuatan dan juga tanggal kadaluarsa aki. Sebisa mungkin gunakan aki kering yang mana tanggal pembelian anda tidak jauh dari tanggal produksi aki tersebut.
  • Banyak yang beranggapan bahwa harga aki motor cukup mahal, padahal tidak semua harga aki mahal. Salah satu harga aki motor yang termasuk murah adalah dari NS Battery. Apabila anda bisa mendapatkan aki motor yang murah namun berkualitas seperti NS Battery, mengapa anda harus mencari aki motor lainnya yang lebih mahal tapi kualitasnya belum tentu bagus? Ingat, harga mahal bukan berarti barang tersebut memiliki kualitas yang bagus.

Apabila motor yang anda gunakan sudah menggunakan sistem injeksi, anda harus lebih berhati-hati dalam memilih aki kering. Karena pada sistem injeksi, sistem pengendalian BBM (bahan bakar minyak) yang digunakan membutuhkan arus listrik secara terus-menerus dan harus stabil. Apabila aki yang digunakan tidak dapat bekerja dengan optimal, maka akan mempengaruhi sistem pada mesin motor dan kedepannya, cepat atau lambat akan membuat motor menjadi rusak. Karena itulah lebih baik mencari aki motor dengan hati-hati walaupun membutuhkan waktu yang lama untuk memilih daripada anda harus mengeluarkan banyak uang untuk memperbaiki motor anda yang rusak akibat kesalahan dalam memilih aki motor. Apabila kerusakan sudah menjalar ke seluruh motor, biaya yang harus anda keluarkan tidaklah sedikit, tak jarang anda bisa mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah.